Minggu, 21 Juli 2013

Tutorial Blender

Membuat Karakter SpongeBob Menggunakan Blender 2.6


Pada project kali ini kita akan membuat karakter kartun “Sponge Bob” dengan menggunakan Blender 2.60.SpongeBob merupakan karakter kartun produksi Nickelodeon berupa makhluk laut yaitu spons. Tubuhnya berbentuk kotak berwarna kuning memliki hidung yang panjang, memakai dasi berwarna merah, mengenakan pakaian layaknya anak sekolah dan juga menggunakan sepatu berwana hitam.
hal pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall Blender pada computer. Setelah Blender terinstall pada computer barulah kita memulai pembuatan Spongebob. Buka program blender.
Tampilan awal blender
setelah masuk kedalam Blender kita akan menemukan sebuah bangun ruang yaitu kubus yang merupakan default dari Blender itu sendiri.  





Dalam membuat karakter sponge bob yang kita butuhkan adalah sebuah kubus sebagai badannya, 2 buah uv sphere sebagai mata. Pertama kita bentuk kubus hingga menyerupai bentuk dari badan spongebob, setelah itu kita tambahkan 2 buah uv sphere sebagai matanya. Berikut tampilannya  :
 Gambar gambar diatas merupakan bagian bagian dari pembuatan karakter spongebob. Gambar yang pertama merupakan pembuatan dari badan spongebob dimana bentuk awalnya adalah sebuah kubus yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk dari badan sponge bob. Dalam pembuatan ini kita lupakan dulu mengenai pewarnaan, kita fokus kan terlebih dahulu pada pembentukan tubuh dan anggota tubuh lainnya dari spongebob.


Setelah pembuatan badan selesai, selanjutnya adalah  pembuatan mata dan alis. Untuk membuat mata kita mmebutuhkan 6 buah uv sphere dengan ukuran yang berbeda. Letakkan uv sphere dengan ukuran yang paling besar di bagian atas dari tubuh spongebob yang telah kita buat sebelumnya dilanjutkan dengan meletakkan uv sphere dengan dengan ukuran yang lebih kecil dari uv sphere sebelumnya secara bertumpuk dengan uv sphere lainnya.  Kemudian untuk membuat alis kita tambahkan 6 buah plane. Kecilkan plan dan rotate sedemikian rupa sehingga membentuk alis. 

Komponen selanjutnya yang harus dibuat adalah tangan dan aksesoris lainnya seperti dasi, ikat  pinggang, lengan baju serta kerah baju. Untuk membuat tangan kita membutuhkan 2 buah silinder, 5 uv sphere untuk membuat jari serta sebuah uv shphere untuk membuat telapak tangan. Selanjutnya untuk membuat dasi kita membutuhkan sebuah plane dan sebuah torus. Cara pembuatannya extrude palane kemudian salah satu sisinya ditarik sehingga membentuk ujung dasi atau berbentuk seperti layangan. Torus di tempelkan di ujung dasi sebagai simpul dari dasi. Selanjutnya untuk membuat kerah kita butuhkan 2 buah plane yang dibentuk menjadi segitiga. Kemudian kita tempelkan diatas simpul dasi. Kemudian kita akan membuat ikat pinggang. Dalam membuat ikat pinggang kita butuhkan 12 plane yang kita kecilkan dan dibentuk sedemikian rupa kemudian kita letakkan ke-12 plane tersebut dibagian bawah atau celana pada tubuh spongebob sehingga menyerupai ikat pinggang. Kemudian kita akan membuat lengan baju. Untuk membuat lengan baju kita butuhkan 2 buah silinder. Kecilkan dan atur posisi dari silinder2 tersebut sehingga menjadi lengan baju.
 Pembuatan selanjutnya adalah pembuatan kaki dan sepatu. Untuk membuat kaki kita membutuhkan  4 silinder. 2 silinder sebagai bagian bawah celana dan 2 lainnya sebagai kaki. Ukuran dari ke-4 silinder tersebut berbeda dimana dua silinder yang sebagai bagian bawah celana lebih pendek dan sedikit melebar dibandingkan silinder yang kita gunakan untuk dijadikan kaki. Setelah selesai dengan kaki, kemudian kita beranjak membuat sepatu. Untuk membuat 2 buah sepatu kita butuhkan 4 buah uv sphere. Kita bentuk dan kecilkan sedmikian rupa sehingga menyerupai bentuk dari sepatu.

 Selanjutnya kita akan membuat mulut dan gigi spongebob. Untuk membuat mulut kita tambahkan circle. Potong circle sehingga menjadi setengah lingkaran. Dilanjutkan dengan menambahkan 2 buah plane sebagai gigi dari spongebob.


Dan yang terakhir dalam pembuatan tubuh spongebob adalah membuat hidung. Untuk membuat hidung kita tambahkan uv sphere kemudian kita potong uv sphere sehingga menjadi setengah lingkaran dan kita tarik memanjang. Kecilkan uv sphere yang sudah kita potong sehingga membentuk seperti hidung.

Tubuh dari spongebob telah selesai kemudian untuk memperindah tampilan dari spongebob kita gunakan background. Untuk membuat background kita gunakan cube atau kubus yang kita beri warna. Setelahitu kita perbesar kubus dengan menggunakan perintah scale sehingga spongebob berada di dalam kubus atau cube tersebut.
Berikut tampilan akhir dari spongebob   :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar